Tahapan Tes Untuk Masuk Sekolah Penerbangan

Tahapan Tes Untuk Masuk Sekolah Penerbangan

Berkarir di dunia penerbangan merupakan salah satu bidang diminati oleh banyak orang karena dianggap merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Tetapi bagaimana cara masuk sekolah penerbangan? Seperti mendaftar ke sekolah kedinasan pada umumnya, tentu Anda perlu untuk melalui beberapa tahapan tes sebelum Anda dinyatakan lolos dan diterima sebagai siswa. Berikut ini beberapa ulasan mengenai tahap – tahap tes masuk sekolah penerbangan secara umum, antara lain :

Tahapan tes penampilan fisik

Tes pertama termasuk salah satu yang biasanya masuk di dalam syarat – syarat masuk sekolah penerbangan adalah mengenai penampilan fisik. Salah satu syarat bekerja sebagai staff penerbangan adalah penampilan fisik yang prima (good looking). setiap sekolah penerbangan biasanya menerapkan syarat dasar seperti tinggi badan minimal. Selanjutnya, Anda harus memiliki kemampuan berjalan yang seimbang dan luwes, memiliki susunan gigi yang rapi, dan beberapa persyaratan fisik tambahan lainnya bagi beberapa jurusan yang dipilih, seperti memiliki penglihatan yang baik bagi calon pilot.

Tahapan tes tulis (akademik)

Tes masuk sekolah penerbangan dilanjutkan dengan tes tulis (akademik). setelah Anda memenuhi syarat – syarat administrasi sebagai calon siswa, Anda akan dites terkait potensi akademik yang Anda miliki. Beberapa sekolah penerbangan memiliki kebijakan tersendiri terkait pelaksanaan tes tulis. Ada yang menyelenggarakan tes secara online, ada pula yang mengharuskan Anda mengikuti tes tulis secara langsung di sekolah penerbangan yang bersangkutan. Materi yang masuk dalam tes ini adalah pengetahuan seputar penerbangan, mini psikotes hingga soal – soal bahasa Inggris.

Tahap tes kesehatan

Tahap tes selanjutnya yang tidak kalah penting adalah tes kesehatan (medical examination). bekerja di dunia penerbangan cukup keras. Oleh karena itu, Anda harus dipastikan memiliki kesehatan fisik yang prima agar dapat bekerja dengan maksimal. Medical examination (medex) yang dilakukan oleh sekolah penerbangan biasanya meliputi beberapa tes, yaitu : tes EKG, tes laboratorium untuk mengecek kesehatan organ, tes urine, tes darah hingga tes untuk memastikan Anda bebas dari konsumsi narkoba. Selain itu juga akan dilakukan tes penglihatan dan pendengaran.

Tahap tes interview

Cara masuk sekolah penerbangan selanjutnya adalah dengan melalui tes interview. Tetapi tidak semua sekolah penerbangan menerapkan tes ini. Tes interview biasanya dilakukan untuk mengetahui kemampuan komunikasi Anda sebagai calon siswa. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik merupakan salah satu syarat penting, karena nantinya Anda akan bekerja dengan banyak orang dan menuntut Anda untuk pandai berkomunikasi.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari sekolah FOO di Indonesia dengan kualitas yang baik, salah satu pilihannya adalah AEROPOROS Academy yang ada di Yogyakarta. Sekolah ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin bekerja sebagai Flight Operation Officer (FOO) yang handal.

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142