Syarat Untuk Menjadi Seorang Pilot Profesional

Syarat Untuk Menjadi Seorang Pilot Profesional

Cita – cita sebagai seorang pilot merupakan satu di antara deretan cita – cita yang sering dikemukakan, seperti dokter hingga polisi. Tetapi untuk menjadi seorang pilot profesional tidaklah mudah. Ada beberapa syarat untuk menjadi pilot yang harus Anda persiapkan agar cita – cita Anda sebagai seorang pilot handal tercapai. Berikut ini adalah beberapa syarat yang perlu Anda penuhi untuk menjadi seorang pilot profesional :

Menempuh pendidikan di sekolah penerbang

Sebelum menjadi pilot profesional, Anda tentu perlu untuk mengenyam pendidikan sebagai penerbang di sekolah khusus penerbangan selama periode waktu tertentu (biasanya berkisar antara 8 bulan hingga 1 tahun). Beberapa sekolah tinggi ilmu penerbangan di Indonesia membuka jurusan penerbang (pilot), di antaranya ada di kota – kota besar seperti Jakarta, Bali, Bandung dan Surabaya. Selama sekolah di jurusan penerbangan di Indonesia ini, Anda akan dilatih keterampilan mengemudikan pesawat terbang. Calon pilot yang dipilih oleh sekolah penerbang dapat berasal dari beragam jenjang pendidikan, mulai dari SMA, SMK dan MA (sederajat).

Memiliki status kesehatan yang baik

Status kesehatan dan kondisi fisik yang baik sepertinya menjadi salah satu syarat yang cukup penting untuk menjadi seorang pilot. Biasanya pilot harus memenuhi tinggi badan tertentu, agar memudahkan untuk mengemudi dan meraih pedal pesawat terbang. Selain mengenai tinggi badan, pilot juga memiliki penglihatan yang baik dan tidak buta warna. Hal ini karena di pesawat banyak menggunakan kode dan tanda yang banyak menggunakan warna sebagai pembedanya. Selain pemeriksaan terkait fisik, Anda juga harus melalui serangkaian check up yang menyatakan organ tubuh Anda sehat secara keseluruhan, tes psikologis, tes wawancara hingga kecakapan mengenai komunikasi bahasa inggris. Hal ini dibutuhkan karena pilot tak hanya akan melakukan penerbangan domestik ke berbagai kota tujuan di Indonesia saja, tetapi juga tak menutup kemungkinan untuk terbang dengan rute luar negeri.

Memiliki lisensi penerbangan

Syarat – syarat menjadi pilot selanjutnya adalah memiliki lisensi penerbangan. Agar mendapatkan izin legal untuk mengemudikan pesawat sebagai pilot profesional, Anda tentu harus memiliki lisensi penerbangan. Calon pilot yang menempuh pendidikan harus memiliki Student Pilot License (SPL) dan Private Pilot License (PPL). selanjutnya, seorang pilot yang telah memiliki jam terbang hingga 140 – 250 jam terbang akan mendapatkan Commercial Pilot License (CPL) yang dapat digunakan untuk memulai karir sebagai pilot profesional.

Bagi Anda yang belum dapat memenuhi beberapa diantara syarat – syarat menjadi pilot di atas, namun masih ingin bekerja di dunia penerbangan, Anda dapat memilih untuk berkarir sebagai airline staff, dan bersekolah di salah satu sekolah penerbangan di Yogyakarta yang menyediakan jurusan sebagai airlines staff, yaitu AEROPOROS Academy.

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142