Sekolah Penerbangan di Dalam Negeri atau Luar Negeri?

Sekolah Penerbangan di Dalam Negeri atau Luar Negeri?

Menjadi pilot merupakan cita – cita yang didambakan oleh semua orang. Bagi kamu yang ingin menjadi pilot, bisa melanjutkan ke sekolah penerbangan. Dengan begitu, impian kamu untuk menjadi pilot juga akan semakin terbuka lebar.

Namun, terkadang banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk sekolah pilot di luar negeri dibandingkan dalam negeri. Mungkin memang ada beberapa alasannya, tapi sebelum memutuskannya coba simak perbedaan antara sekolah pilot dalam negeri dan luar negeri berikut ini.

Syarat masuk sekolah pilot

Untuk syarat syarat masuk pilot baik dalam dan luar negeri sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok. Syarat pertama adalah kamu harus lulus pendidikan formal terlebih dahulu, minimal SMA atau sederajat. Namun, untuk pilot pesawat tempur minimal pendidikan adalah SMA jurusan IPA.

Syarat lainnya, para peserta juga harus memiliki tinggi badan yang proporsional, yakni minimal 170 untuk laki – laki dan 165 untuk perempuan. Selain itu, pendaftar juga harus memiliki penglihatan yang baik dan kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Namun perbedaan syaratnya mungkin berada pada kemampuan bahasa Inggris. Di mana untuk bisa sekolah pilot di Luar Negeri kamu harus membuktikan kemampuan Bahasa Inggris dengan sertifikat TOEFL atau IELTS dengan skor yang telah ditentukan.

Biaya pendidikan sekolah pilot

Untuk biaya pendidikan sekolah tinggi penerbangan di Indonesia mungkin lebih mahal dibandingkan sekolah penerbangan di luar negeri. Pasalnya, ada beberapa alasan yang menyebabkan mahalnya harga tersebut. Salah satunya, sekolah pilot yang ada di Indonesia harus mengimpor pesawat latih dan simulator. Di mana fasilitas tersebut memang sangat diperlukan dalam sekolah penerbangan.

Pastinya, biaya pembelian fasilitas tersebut tidak membutuhkan uang yang sedikit. Belum lagi, biaya pengirimannya. Maka tidak heran, biaya sekolah pilot di Indonesia lebih mahal dibandingkan Amerika. Pasalnya, Amerika merupakan produsen pesawat latih.

Alasan lainnya adalah para instruktur yang didatangkan langsung dari luar negeri. Memang kebanyakan para instruktur di sekolah pilot di Indonesia merupakan warga negara asing yang sudah memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi.

Selain itu, sekolah pilot juga dikenakan pajak barang mewah, yakni pesawat. Di mana, pajak tersebut akan dibayarkan pada seluruh kadet melalui biaya pendidikan.

Durasi belajar untuk sekolah pilot

Dalam urusan belajar mengajar juga ada perbedaan yang cukup mencolok. Di Indonesia sendiri sekolah pilot memiliki durasi belajar 18 bulan atau lebih. Lantas, berapa tahun sekolah pilot di luar negeri? Yakni hanya 12 bulan saja. Hal ini dikarenakan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah oleh sekolah penerbangan.

Lisensi

Lulusan sekolah penerbangan di Indonesia bisa langsung bekerja di maskapai penerbangan Indonesia. Sedangkan, bagi lulusan luar negeri harus mengikuti program penyetaraan lisensi. Caranya dengan mengikuti kursus singkat yang dikenal dengan endorsement, yakni 2 hingga 4 bulan lamanya. Tentunya untuk mengikuti pelatihan ini diperlukan biaya tambahan.

Pilihan profesi penerbangan lainnya

Tidak kalah bergengsi dengan pilot lho. Beberapa profesi ini juga merupakan pemegang peranan penting dalam aktivitas penerbangan. Salary rate-nya pun juga tidak main-main karena resiko pekerjaan yang tinggi, yaitu Airline staff, pramugari/pramugara, dan flight operation officer. Untuk mendapatkan informasi seputar sekolah foo, sekolah pramugari, dan sekolah airline staff di Jogja, anda bisa berkonsultasi dengan Aeroporos Academy.

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142