Sekolah FOO di Indonesia

Sekolah FOO di Indonesia

Lembaga Pendidikan bagi Flight Operation Officer.

Berbagai profesi di dunia penerbangan seperti pilot, pramugari, airlines staff, Flight Operation Officer, hingga petugas keamanan bandara menjadi profesi yang memiliki jenjang karir dan gaji yang menjanjikan.

Kebutuhan tenaga penerbangan semakin hari semakin meningkat. Dengan bertambahnya jumlah bandara dan jasa penerbangan, maka semakin banyak pula dibutuhkan tenaga baik untuk di darat maupun di angkasa. Kecakapan dan kredibilitas SDM menjadi hal mutlak bagi setiap pekerja di bidang transportasi udara.

Peningkatan jumlah bandara tentu saja berimbas pada peningkatan kebutuhan tenaga operasional di lapangan seperti ramp dispatcher dan Flight Operation Officer (FOO). Kedua profesi ini memiliki peran penting di darat, baik saat pesawat akan terbang, hingga pesawat mendarat kembali.

Untuk memenuhi kebutuhan FOO, saat ini banyak ditemukan sekolah FOO di Indonesia. Jika anda tertarik dengan dunia penerbangan komersil, FOO menjadi salah satu profesi yang saat ini tengah naik daun.

Biaya sekolah penerbangan di indonesia tidaklah murah, sehingga bagi anda yang ingin melanjutkan karier di dunia penerbangan haruslah tepat memilih sekolah penerbangan terbaik di indonesia yang mampu menjamin masa depan profesi yang ingin anda geluti.

Mengenai Profesi Flight Operation Officer

Nama FOO mungkin masih jarang terdengar sebagai salah satu profesi penting di dunia penerbangan. Pamornya mungkin masih kalah bila dibandingkan dengan pilot maupun pramugari. Padahal FOO memiliki peran yang sangat vital bagi kelancaran transportasi udara ini. Tidak sekadar mengatur, namun juga mengawasi pergerakan, data-data penerbangan, hingga memandu pilot pesawat.

Flight Operation Officer merupakan profesi yang memiliki tanggung jawab tidak kalah besarnya dari pilot. FOO bertanggung jawab pada pengawasan penerbangan dari darat. Petugas ini menjadi salah satu kunci pesawat untuk tinggal landas maupun pendaratan. Perhitungan performa pesawat, batasan berat, analisis cuaca, pembakaran bahan bakar, hingga perencanaan rute pesawat.

Meskipun secara operasional FOO terbantu oleh berbagai software penerbangan untuk menghitung dan menganalisis data-data penerbangan, mereka haruslah memiliki kemampuan untuk menghitung secara manual. Kesalahan data komputer maupun kerusakan unit penghitungan data komponen pesawat dapat membuat data yang masuk ke dalam software juga tidak akurat. Dalam kondisi inilah FOO dipaksa memiliki kemampuan hitung manual dan analisis data yang kompeten.

FOO pulalah yang akan memberikan briefing kepada pilot sebelum pesawat lepas landas. Data-data penerbangan, terutama terkait kondisi pesawat dan rute penerbangan yang telah dianalisis oleh FOO disampaikan kepada pilot bersamaan dengan pemberian ijin terbang. Belum selesai, tugas FOO masih berlanjut untuk mendampingi pesawat pada saat tinggal landas. Selain itu FOO juga menjadi pengarah pilot pada saat melakukan pendaratan. Mereka akan memandu pilot untuk melakukan pendaratan secara aman dan tepat. Hal ini berlaku di seluruhjurusan penerbangan di indonesia maupun dunia.

Dengan jadwal penerbangan yang padat di seluruh bandara, pekerjaan FOO tentu saja membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Perhitungan data dan analisis penerbangan sebelum memberi ijin ke pilot dilakukan hanya dalam waktu 20-30 saja. Oleh karenanya, jam kerja FOO hanya 8 jam sehari. Profesi ini menuntut seorang petugas tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun.

Karena tugas FOO tidaklah mudah dan memiliki tanggung jawab terhadap banyak orang, maka SDM yang bekerja di bidang ini haruslah memiliki dasar pendidikan yang kompeten. Untuk itulah seorang FOO harus memiliki Surat Tanda Kecakapan Profesi (STKP) yang diterbitkan oleh Departemen Perhubungan Republik Indonesia. STKP menjadi syarat wajib bagi profesi ini karena untuk menjadi FOO memiliki tanggung jawab yang amat besar, baik bagi jalannya penerbangan maupun bagi banyak nyawa yang dibawa dalam pesawat.

Pendidikan Flight Operation Officer

Meskipun banyak lembaga pendidikan ataupun pelatihan penerbangan, tidak semua mampu memfasilitasi siswa untuk memperoleh SKTP. Banyak yang hanya memberikan sertifikat kepelatihan ataupun pendidikan dari lembaga yang sebenarnya tidak berguna untuk melamar ke profesi ini. Padahal SKTP adalah syarat yang wajib anda miliki untuk menjadi FOO.        

Untuk itu, bagi anda yang berminat bekerja di profesi FOO anda harus memastikan bahwa lembaga pendidikan yang akan dituju benar-benar bisa memberikan SKTP yang berguna bagi anda untuk melamar pekerjaan. Jurusan pendidikan FOO banyak ditemukan hampir semuasekolah tinggi teknik penerbangan di Indonesia.

Kebutuhan FOO menjadi mutlak dan terus bertambah. Sementara itu belum banyak sekolah atau akademi yang menyediakan tenaga kerja penerbangan yang bisa langsung bekerja dalam jangka waktu dan jenjang pendidikan yang cepat.

Aeroporos Academy merupakan salah satu sekolah FOO di Indonesia  yang siap untuk menyediakan SDM di dunia penerbangan. Lembaga ini menghasilkan tenaga siap kerja di dunia penerbangan, khususnya di bidang FOO.

Dengan akan bertambahnya bandara-bandara baru di masa depan, seperti NYIA di Kulon Progo, PT. Aeroporos Academy ikut memperluas jaringan dengan menyediakan lembaga pendidikan di Yogyakarta. Afiliasi dengan berbagai bandara dan maskapai penerbangan yang ada membuat PT. Aeroporos Academy mampu menghasilkan tenaga kerja yang kredibel dan berkualitas dalam waktu pendidikan yang relatif cepat.

Dengan misi “Mengembangkan Produk Inovatif: orang-orang berkualitas tinggi, mencapai institusi yang diakui dan terakreditasi”, PT. Aeroporos Academy siap mendidik calon tenaga FOO dalam jangka waktu pendidikan yang cepat dan siap bekerja. Pendidikan di PT. Aeroporos Academy hanya memakan waktu 3-4 bulan. Selain pendidikan formal, siswa juga disediakan kesempatan magang di berbagai maskapai. Hal ini tentunya semakin membuat SDM yang dihasilkan benar-benar siap kerja dan mencukupi kebutuhan tenaga kerja di berbagai bandara di Indonesia.

Menjadi staff FOO haruslah memiliki sertifikasi dari Kementrian Perhubungan sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab kepada keselamatan proses penerbangan. Dengan demikian, Aeroporos Academy menjamin SDM yang dihasilkan mendapat STKP tersebut sehingga layak bekerja di berbagai profesi penerbangan. Output yang dihasilkan juga akan cepat terserap pasar. Jeda waktu antara siswa lulus hingga mendapat pekerjaan relatif pendek. Lulusan Aeroporos Academy tidak perlu mengkhawatirkan tentang lapangan pekerjaan di masa depan sebab profesi ini sedang membutuhkan banyak sekali tenaga kerja.

Tidak hanya menyediakan tenaga FOO, Aeroporos Academy juga menyediakan pendidikan bagi profesi lain seperti airlines staff dan bidang non-penerbangan lainnya. Dengan adanya berbagai macam pendidikan profesi yang tersedia, Aeroporos Academy siap menjadi sekolah penerbangan terbaik di Indonesia.

Untuk itu PT. Aeroporos Academy siap bersaing dengan berbagai sekolah FOO di Indonesia yang sudah lama ada. PT. Aeroporos Academy siap menyambut generasi muda yang ingin menekuni dunia penerbangan, terlebih yang yang tertarik profesi Flight Operation Officer.

Bagi anda yang berminat mendalami profesi airline staff maupun  FOO, segera daftarkan diri anda ke Aeroporos Academy yang berlokasi di Jalan Tunjung Baru nomor 1, Baciro, Kota Yogyakarta.

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142