Persyaratan untuk Mendapatkan Lisensi Flight Operations Officer (FOO)

Persyaratan untuk Mendapatkan Lisensi Flight Operations Officer (FOO)

Saat ini, profesi FOO atau Flight Operations Officer sudah tak lagi terdengar asing di telinga masyarakat, terutama mereka yang memang memiliki minat tinggi untuk berkarir di bidang aviasi atau penerbangan. Sebab, tugas FOO juga tak kalah pentingnya dalam menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan, bahkan sejak sebelum pesawat terbang sampai akhirnya mendarat di bandara tujuan.

Karena minat dan antusiasme yang tinggi, maka jangan heran jika makin banyak jurusan penerbangan di Indonesia yang menawarkan program pendidikan dan pelatihan FOO atau sekolah FOO. Selama masa pendidikan tersebut, calon FOO akan diberi segala pengetahuan dan kurikulum yang dibutuhkan untuk membangun kompetensi seorang FOO yang handal dan profesional. Masa pendidikannya sendiri bervariasi, tapi biasanya hanya berlangsung selama beberapa bulan dan kurang dari 1 tahun. Dan dengan pilihan akademi penerbangan di Indonesia dengan program pendidikan dan pelatihan FOO yang ada, Anda pun bisa bebas memilih lembaga yang sesuai dengan minat atau tempat tinggal Anda.

Meski demikian, sekadar lulus program pendidikan FOO pun tak cukup untuk membuat Anda menjadi FOO. Mengingat besarnya peran dan tugas seorang FOO untuk keamanan dan keselamatan penerbangan, bahkan walaupun mereka melakukannya dari pusat kendali penerbangan (station), kualifikasi tersebut harus didukung dengan sertifikat atau lisensi yang secara sah menyatakan bahwa seorang individu memang memiliki kapabilitas dan pengetahuan yang disyaratkan untuk menjalankan profesinya sebagai FOO. Lisensi tersebut diterbitkan oleh Direkorat Jendral Perhubungan Udara dan berlaku selama seorang FOO masih memenuhi kewajiban dan tugasnya. Akan tetapi, lisensi tersebut harus dievaluasi secara teratur setiap 2 tahun untuk menjamin bahwa pemegang lisensi tersebut memang masih memiliki kualifikasi yang disyaratkan sebagai seorang FOO.

Untuk mendapatkan lisensi, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Berikut ulasan ringkasnya.

Persyaratan Umum

  1. Usia untuk mengajukan lisensi FOO adalah minimal 21 tahun. Apabila kurang dari itu, Anda masih bisa mengikuti program pelatihan dan pendidikan.
  2. Lulus tes kesehatan.

Persyaratan Berkas

  1. Surat permohonan pengajuan lisensi FOO (Flight Operations Officer License atau FOOL).
  2. Menyiapkan berkas teknis yang terdiri atas:
  1. Formulir FOO Competency Check;
  2. Sertifikat tanda lulus tes kesehatan;
  3. Hasil ujian ground FOO;
  4. Sertifikat Initial FOO Course;
  5. Formulir Familiarization Flight; dan
  6. Sertifikat Mandatory Training.
  7. Untuk calon FOO WNA perlu menyiapkan dokumen tambahan sebagai berikut:
  1. Surat IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing);
  2. KITAS (kartu Izin Tinggal Terbatas).
  3. Menyiapkan berkas administrasi berikut:
  1. Daftar Periksa Kelengkapan Dokumen;
  2. Surat Perintah Tugas;
  3. Pas foto ukuran 2×3 dan 3×4, masing-masing 3 lembar dengan latar belakang warna merah;
  4. Materai Rp6.000 1 buah.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan lisensi FOO dapat Anda peroleh setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah FOO di Indonesia, termasuk AEROPOROS Academy yang berpusat di Yogyakarta. Jadi, bagi Anda yang sudah 100% mantab ingin berkarir sebagai FOO, pilih AEROPOROS Academy sebagai tempat pendidikan Anda!

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142