Mengenal Lebih Jauh Tentang Flight Operation Officer (FOO)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Flight Operation Officer (FOO)

Bekerja di bidang penerbangan tak melulu sebagai pilot, atau pramugari. Ada pekerjaan – pekerjaan lain yang dapat menjadi pilihan Anda seperti Aviation Security (AVSEC), Teknisi penerbangan, Ground Staff hingga Flight Operation Officer (FOO). FOO sepertinya merupakan salah satu jurusan yang belum banyak diketahui oleh orang awam. Berikut ini beberapa penjelasan lebih lanjut tentang FOO, termasuk sekolah FOO di Indonesia :

Apa itu FOO?

Flight Operation Officer (FOO) adalah salah satu profesi penting dengan banyak tanggung jawab dalam hal operasional pesawat, mulai dari sebelum pesawat lepas landas, saat terbang hingga pesawat mendarat di bandara tujuan. Sebuah pesawat tidak dapat diterbangkan oleh pilot sebelum mendapatkan izin dari FOO yang bertugas.

Tugas yang harus dilakukan oleh FOO

Seperti berbagai jurusan di akademi penerbangan di Indonesia yang lain, FOO memiliki tugas – tugas spesifik yang menjadi ranah pekerjaannya. Beberapa tugas pokok dari Flight Operation Officer (FOO) adalah :

  • Melakukan pemantauan terhadap kondisi cuaca terkini, melaporkan posisi pesawat, dan memantau grafik navigasi untuk bahan evaluasi
  • Mempersiapkan berbagai rencana penerbangan, dokumentasi, laporan hingga informasi rute dan ketinggian, serta menyediakan informasi menheai kondisi bandara laporan prakiraan cuaca selama penerbangan berlangsung.
  • Melakukan penghitungan batasan berat pesawat saat lepas landas dan mendarat, penghitungan terkait kecukupan bahan bakar hingga menentukan kecepatan dan ketinggian ideal yang harus dikemudikan oleh pilot.
  • Bersama pilot, FOO bertanggung jawab menjamin keamanan dan kelengkapan persiapan operasional sebelum pesawat terbang. Pesawat tidak akan terbang bila tidak mendapatkan izin tertulis dari FOO setelah dilakukan pengecekan menyeluruh.

Cara masuk jurusan FOO

Tak berbeda jauh dengan jurusan penerbangan yang lain, cara masuk sekolah penerbangan di jurusan Flight Operation Officer tentunya harus memenuhi syarat – syarat administrasi yang ditetapkan, dan dilanjutkan dengan beberapa tahapan seleksi / tes, seperti tes tulis mengenai kemampuan akademik, tes penampilan fisik, medical examination (medex) hingga tes wawancara (interview).

Sekolah FOO di Indonesia

Di Indonesia, ada cukup banyak sekolah penerbangan, baik yang merupakan sekolah negeri mau pun sekolah penerbangan yang dikelola oleh pihak swasta. Sekolah / akademi penerbangan di Indonesia biasanya memiliki berbagai jurusan pilihan, mulai dari jurusan penerbang (pilot), pramugari, teknisi penerbangan, avsec, hingga staff penting lainnya seperti Flight Operation Officer (FOO). Salah satu sekolah penerbangan yang memiliki jurusan FOO ini adalah AEROPOROS Academy Yogyakarta. Pendidikan FOO di sekolah ini mengharuskan Anda mengikuti pendidikan ground school selama 4 bulan, dan dilanjutkan dengan On the Job Training (OJT) selama 90 hari. Selesai pendidikan Anda harus melakukan ujian negara dan Competency Check sebelum dinyatakan siap menjadi FOO profesional. Ayo sekolah foo di Aeroporos Academy.

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142