Mengenal dan Memahami Peran Profesi Flight Operation Officer

Mengenal dan Memahami Peran Profesi Flight Operation Officer

Sebenarnya, jurusan penerbangan di Indonesia tak hanya memberikan pendidikan dan pelatihan bagi mereka yang ingin menjadi pilot. Sebab,ada berbagai pilihan jalur profesi di dunia penerbangan yang tak kalah pentingnya, seperti FOO atau Flight Operation Officer.

Peran seorang FOO pada dasarnya sangat krusial, bahkan FOO dan pilot harus berkomunikasi dengan baik demi kelancaran dan keselamatan sejak sebelum penerbangan sampai akhirnya pesawat mendarat di tempat tujuan. Karena itulah tidak mengherankan jika syarat syarat masuk sekolah penerbangan untuk FOO juga tak kalah ketatnya.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap soal pentingnya FOO dalam keselamatan dan keamanan penerbangan, berikut ini adalah ulasan singkat fungsi dan peran FOO di dalam operasional penerbangan.

  1. Baik FOO dan pilot memiliki tanggung jawab penuh atas keamanan serta persiapan operasional serta pengendalian penerbangan. Karena itulah kedua pihak perlu melakukan briefing sebelum penerbangan yang dijadwalkan beroperasi untuk koordinasi keamanan dan keselamatan sepanjang penerbangan nantinya.
  2. FOO bertugas mengumpulkan segala informasi yang relevan dan berkaitan dengan perencanaan penerbangan. Di dalam laporan penerbangan yang disusun pun termasuk rute paling efisien yang perlu diambil untuk durasi penerbangan dan penggunaan bahan bakar yang optimal, namun tanpa mengabaikan unsur keselamatan penerbangan. Karena itu, informasi yang tertera pun termasuk titik pendaratan alternatif yang paling dekat dengan titik tujuan semula, prakiraan cuaca sepanjang penerbangan pada rute yang ditempuh, fasilitas navigasi, kondisi bandara, dan sebagainya.
  3. FOO menyediakan laporan bagi kru kokpit serta pengarahan untuk informasi penting dan relevan baik sebelum dan selama operasional penerbangan.
  4. FOO memberikan informasi tentang segala perubahan, kondisi cuaca atau meteorologi, serta informasi lain yang dapat mempengaruhi keselamatan operasional penerbangan kepada kru kokpit.
  5. FOO memberikan pembaharuan (update) informasi tentang perubahan cuaca sepanjang rute yang ditempuh saat penerbangan, serta memberikan rekomendasi rencana alternatif yang lengkap, termasuk informasi ketinggian, titik pendaratan alternatif, dan ketersediaan bahan bakar.
  6. FOO meminta pembatalan penerbangan ketika kondisi yang terjadi di lapangan dianggap dapat mengganggu keamanan dan keselamatan penerbangan.
  7. FOO memantau kondisi cuaca, melaporkan grafik navigasi aeronautika, serta posisi pesawat sebagai bahan evaluasi nantinya.
  8. FOO mendokumentasikan penerbangan dengan mencatat informasi seperti bobot kargo, estimasi waktu penerbangan, kondisi pesawat, dan sebagainya.
  9. FOO melakukan koordinasi dengan departemen lain yang terkait, termasuk departemen pemeliharaan pesawat, dan mengomunikasikan jadwal kedatangan pesawat di bandara tujuan.
  10. FOO menanggapi kondisi darurat dengan cermat, cepat, dan profesional, serta menjalankan prosedur yang telah ditetapkan ketika situasi tak terduga di luar prosedur terjadi.

Apakah Anda tertarik untuk menempuh pendidikan dan menjadi sukses dengan berkarir sebagai FOO? AEROPOROS Academy adalah sekolah penerbangan di Jogja yang akan membuka jalan untuk Anda!

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142