Mau Meniti Karir Sebagai Pilot? Pertimbangkan Syarat Berikut Ini

Mau Meniti Karir Sebagai Pilot? Pertimbangkan Syarat Berikut Ini

Jika ditanya tentang cita – cita masa kecil, pasti banyak yang bilang ingin menjadi pilot. Pasalnya, pekerjaan ini memang menyenangkan dengan gaji yang terbilang besar. Untuk satu kali terbang saja, penghasilan yang diterima bisa minimal 1 juta rupiah (rate pada tahun 2019).

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa jalan – jalan keliling Indonesia bahkan dunia. Nah, buat kamu yang memang merasa ingin sekolah pilot , adalah dengan mendaftar di salah satu sekolah penerbangan terbaik di Indonesia. Namun penuhi juga syarat yang diajukan, seperti berikut ini.

Menyiapkan dana

Syarat utama adalah mempersiapkan dana untuk sekolah pilot. Cari tahu berapa biaya sekolah tinggi ilmu penerbangan. Namun jangan kaget kalau ternyata biaya sekolah pilot cukup tinggi, yakni antara 600 juta hingga 900 juta. Namun ada juga beberapa sekolah yang memberikan fasilitas dengan mencicil.

Sehat jasmani dan rohani

Syarat untuk menjadi pilot haruslah sehat jasmani dan rohani serta bebas dari obat – obatan terlarang, rokok dan minuman beralkohol. Pasalnya, saat tes masuk semua peserta akan menjalani tes kesehatan. Tes kesehatan itulah yang dijadikan acuan apakah kamu layak untuk studi atau tidak.

Ada beberapa tahapan tes kesehatan yang harus dijalani. Mulai dari tes jantung, tes buta warna dan mata minus, tes darah, tes paru-paru, tes urin dan masih banyak lagi. Kemudian, bagi kamu yang pernah mengalami kecelakaan dan menyebabkan salah satu anggota tubuh cacat juga akan dipertimbangkan oleh para medis.

Tinggi badan harus proporsional

Untuk bisa menjadi pilot, tinggi badan yang dimiliki harus proporsional. Untuk perempuan, tinggi badan minimal 165 cm, sedangkan laki – laki minimal 170 cm. Mungkin kurang 1 atau 2 cm masih bisa diperbolehkan. Tinggi badan tersebut merupakan standar agar pilot bisa mencapai kabin penerbangan. Hal yang paling penting, panjang kaki harus 100cm.

Bisa menguasai bahasa asing

Syarat untuk menjadi pilot berikutnya tidak cukup bisa menerbangkan pesawat saja, tapi juga memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Pasalnya, kebanyakan materi yang disampaikan selama pelatihan menggunakan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris kamu harus bisa dibuktikan dengan skor TOEFL minimal 400 atau tes bahasa Inggris pada waktu seleksi.

Minimal lulus pendidikan formal

Bisa dikatakan sekolah pilot hampir sama dengan kuliah. Bedanya, untuk sekolah pilot, para calon peserta minimal harus lulus pendidikan formal, yakni SMA atau sederajat jurusan IPA. Usia minimal yang dimiliki adalah 18 tahun dan maksimal 65 tahun. Usia tersebut juga syarat untuk menjadi captain pilot atau co-pilot.

Itulah beberapa syarat untuk menjadi pilot yang harus kamu lalui. Jadi sudah di siap masuk sekolah pilot?

Atau kamu masih bingung memilih jurusan profesi di dunia penerbangan?

Yuk berkonsultasi dengan ahlinya

Aeroporos Academy, menyediakan failitas konsultasi untuk kamu yang masih bingung memilih jurusan profesi penerbangan selain pilot. Selain daripada itu, apabila memang itu merupakan panggilanmu, Aeroporos academy juga menyediakan sekolah airline staff, sekolah pramugari dan sekolah foo (flight operation officer). Jadi, janganlah ragu dan mantapkan langkahmu menjadi seorang profesional di dunia penerbangan sekarang.

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142