Masuk Sekolah Penerbangan, Apa Saja Syaratnya?

Masuk Sekolah Penerbangan, Apa Saja Syaratnya?

Transportasi udara kini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Jika dahulu banyak orang lebih memilih transportasi darat atau laut, kini peminat transportasi udara tak kalah tinggi. Aktivitas yang meningkat dalam dunia penerbangan berdampak pula pada minat untuk masuk sekolah tinggi ilmu penerbangan yang semakin meningkat pula. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara masuk sekolah penerbangan, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa syarat – syarat umum untuk dapat masuk ke sekolah penerbangan, di antaranya :

Perhatikan persyaratan tinggi badan

Salah satu syarat masuk sekolah tinggi ilmu penerbangan adalah mengenai tinggi badan. Untuk dapat masuk sekolah penerbangan dan menjalani pendidikan sebagai pilot, pramugari, hingga staff airlines yang lain, Anda diharuskan memiliki tinggi badan yang memadai dan postur yang proporsional. Syarat umum terkait tinggi badan yang biasanya diberlakukan adalah tinggi badan minimal 165 cm untuk perempuan, dan 170 cm untuk laki – laki.

Harus memiliki penglihatan yang baik

Syarat umum lainnya agar Anda dapat diterima di sekolah penerbangan adalah memiliki penglihatan yang baik. Calon murid sekolah penerbangan haruslah sehat jasmani dan rohani, serta dinyatakan tidak mengalami gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat dan buta warna. Adanya gangguan penglihatan tentu akan mengganggu kenyamanan Anda selama bekerja. Saat proses penerimaan, pihak sekolah penerbangan juga memberlakukan tes kesehatan lengkap agar siswa yang direkrut merupakan yang terbaik dan sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan.

Lulus pendidikan formal

Di Indonesia, diterapkan syarat masuk sekolah tinggi penerbangan Indonesia berupa lulus pendidikan formal. Anda yang akan mendaftar harus memiliki ijazah yang menyatakan bahwa Anda tamat pendidikan formal minimal SMA atau sederajat (SMK dan MA). Beberapa posisi mungkin juga mempersyaratkan kecakapan komunikasi dengan bahasa asing, misalnya pilot dan pramugari. Jadi selain lulus pendidikan formal, tidak ada salahnya bila Anda melengkapi diri Anda dengan kemampuan berbahasa asing yang mumpuni.

Persiapkan dananya

Hal lain yang tentunya perlu untuk Anda persiapkan adalah dana. Untuk dapat diterima di sekolah penerbangan, tentu Anda harus membayarkan sejumlah biaya yang mencakup biaya administrasi dan biaya selama pendidikan. Masing – masing sekolah penerbangan menerapkan biaya yang berbeda – beda untuk setiap posisi. Jadi bagi Anda yang berkeinginan bekerja di dunia penerbangan, tidak ada salahnya bila Anda mencari tahu terlebih dahulu kisaran dana yang perlu Anda persiapkan sebelum memantapkan diri untuk mendaftar.

Syarat masuk sekolah tinggi ilmu penerbangan di atas tentu dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan pilihan. Bagi Anda yang memiliki kualifikasi dasar seperti di atas, ingin berkarir menjadi seorang airline staff profesional, namun masih bingung akan melanjutkan pendidikan penerbangan di mana, Anda dapat memilih untuk mendaftar di AEROPOROS Academy Yogyakarta.

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142