Ingin Menjadi Seorang FOO? Temukan Syarat-Syaratnya di Sini!

Ingin Menjadi Seorang FOO? Temukan Syarat-Syaratnya di Sini!

Saat ini, berkarir di industri penerbangan tak lagi berarti menjadi seorang pilot maupun pramugari atau pramugara. Sebab, untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan selama operasional penerbangan, ada berbagai fungsi yang diberikan kepada beragam profesi, termasuk FOO atau Flight Operation Officer. Meskipun FOO tidak ikut terbang, perannya sangatlah penting dalam operasional penerbangan. Karena itu, tak heran jika berbagai sekolah penerbang di Indonesia saat ini pun menawarkan program pendidikan untuk FOO, apalagi mengingat jalur profesi ini yang menjadi makin diminati masyarakat.

Pada dasarnya, seorang FOO bertugas untuk menangani kontrol penerbangan dari darat, serta membantu pilot sejak sebelum penerbangan dimulai. FOO menganalisis informasi penting soal cuaca, bahan bakar, rute penerbangan, serta bobot pesawat, dan melaporkannya sejak saat briefing dengan pilot sebelum penerbangan, bahkan selama penerbangan berlangsung.

Mengingat pentingnya tugas seorang FOO, maka sekadar lulus program kuliah penerbangan di Indonesia saja tidaklah cukup. Sebab, selain menyelesaikan pendidikan yang disyaratkan, seorang calon FOO baru bisa menjadi seorang FOO setelah mendapatkan sertifikat atau lisensi yang menunjukkan kecakapannya. Di Indonesia, sertifikat tersebut diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dengan begitu, tak semua calon FOO bisa langsung menjadi FOO setelah menyelesaikan program pendidikan mereka, mengingat peran dan tugas seorang FOO yang tak kalah krusial dalam menjamin keselamatan dan keamanan para awak pesawat dan penumpang selama penerbangan nantinya.

Dan sebelum mengajukan tes untuk mendapatkan lisensi, seorang calon FOO masih harus memenuhi beberapa persyaratan umum yang telah ditetapkan di dalam Civil Aviation Safety Regulation (CASR), atau Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) 121. Persyaratan umum tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Usia seorang calon siswa FOO adalah minimal 21 tahun. Apabila usianya belum mencapai angka tersebut, ia masih bisa mengikuti program pendidikan FOO tersebut. Akan tetapi, calon FOO baru boleh mengambil lisensi hanya jika ia sudah berumur minimal 21 tahun.
  2. Calon FOO harus lulus tes kesehatan untuk memenuhi syarat sehat secara jasmani dan rohani.

Selain itu, tentunya Anda yang berminat menjadi FOO harus memenuhi persyaratan pengetahuan yang terkait dengan profesi tersebut. Dan untuk mendapatkannya, Anda bisa mengikuti berbagai program sekolah FOO yang ada untuk mendapatkan pengetahuan yang penting untuk diketahui dan diimplementasikan oleh para calon FOO saat akan mengambil lisensi nantinya.

Nah, berbicara soal sekolah FOO, AEROPOROS Academy yang berpusat di Yogyakarta adalah salah satu pilihan yang wajib dipertimbangkan. Salah satu sekolah FOO di Indonesia ini menawarkan program pendidikan bagi para calon FOO yang profesional dan terpercaya. Mengingat peluang sukses yang sangat besar sebagai seorang FOO, maka jangan sampai Anda melewatkan kesempatan ini. Daftarkan diri Anda di AEROPOROS Academy sekarang juga!

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142