Calon FOO Wajib Tahu! Ini Dia Tugas FOO yang Harus Dilakukan dalam Penerbangan

Calon FOO Wajib Tahu! Ini Dia Tugas FOO yang Harus Dilakukan dalam Penerbangan

Apakah Anda sudah lama tertarik ingin berkarir di dunia penerbangan, namun tidak berminat menjadi pilot atau pramugari/pramugara? Jangan cemas, karena ada banyak profesi yang bisa Anda pilih sebagai jalur karir Anda begitu terjun di dunia tersebut! Mulai dari ground handling staff atau airline staff yang bertugas di bandara untuk mengakomodasi para penumpang maupun awak pesawat nantinya sampai FOO atau Flight Operation Officer dengan peran yang tak kalah pentingnya untuk menjaga keselamatan dan keamanan selama penerbangan, Anda bisa pilih profesi manapun yang sesuai dengan minat Anda.

Nah, berbicara soal FOO, Anda perlu tahu bahwa profesi ini punya tugas yang tak kalah pentingnya dengan pilot. Meskipun FOO bertugas dari darat, keberadaannya sangat krusial bahkan sejak sebelum pesawat lepas landas, hingga akhirnya mendarat di bandara tujuan. Bahkan, tugasnya sendiri baru bisa dinyatakan berakhir ketika ia melakukan de-briefing dengan pilot yang sudah mendarat dengan selamat dan aman, dan membuat laporan berdasarkan data dari operasional penerbangan yang telah ia tangani. Karena itulah syarat untuk siapapun yang ingin menjadi seorang FOO juga tak kalah ketatnya dengan syarat untuk menjadi pilot. Sebab, keduanya harus saling bekerjasama untuk kelancaran dan keselamatan sepanjang penerbangan.

Saat ini, ada banyak tes masuk sekolah penerbangan yang menawarkan program pendidikan bagi para calon FOO (Sekolah FOO). Dan bagi Anda yang tertarik dengan jalur profesi yang satu ini, berikut adalah rangkuman singkat tugas utama seorang FOO yang harus dilaksanakan demi keselamatan operasional penerbangan.

  1. FOO, bersama dengan pilot, bertanggung jawab atas keamanan serta persiapan operasional dan pengendalian untuk operasional penerbangan.
  2. FOO bertugas mengumpulkan serta menganalisis informasi dan data penting yang relevan terkait dengan penerbangan. FOO pun menyiapkan rencana penerbangan, laporan, serta dokumentasi, yang termasuk di dalamnya adalah informasi terkait dengan rute penerbangan yang diambil, ketinggian pesawat saat penerbangan, titik pendaratan alternatif untuk situasi darurat atau kondisi tak terduga, laporan cuaca maupun prakiraan cuaca selama operasional penerbangan, fasilitas navigasi, kondisi di bandara, ketersediaan bahan bakar, dan hal-hal lainnya yang relevan.
  3. FOO menyediakan laporan untuk para kru kokpit pesawat, dokumentasi untuk pengarahan, serta informasi penting baik sebelum maupun sepanjang penerbangan dari posnya (station).
  4. FOO memberikan informasi jika terjadi perubahan dari rencana penerbangan yang telah disiapkan kepada para kri kokpit, termasuk situasi cuaca maupun hal-hal lain yang dapat mempengaruhi keselamatan penerbangan.
  5. FOO melakukan pengawasan dan memantau posisi pesawat, kondisi cuaca, dan grafik navigasi aeronautika untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi. FOO juga membuat catatan dokumen perjalanan sebagai laporan.

Saat ini, profesi FOO sudah semakin banyak diminati karena kebutuhannya yang tinggi. Dan bagi Anda yang tertarik untuk menempuh pendidikan sebagai FOO, AEROPOROS Academy adalah sekolah FOO di Indonesia yang cocok untuk menjadi pilihan Anda. Daftarkan diri Anda sekarang juga dan raih kesuksesan sebagai FOO yang handal!

AEROPOROS_Group_BenyaminReggySianipar_AirlineConsultant_SeniorFlightDispatcher_LogoAeroporos_sekolahairlinestaff_sekolahpramugari_sekolahfoo_flightoperationofficertraining

PT Aeroporos Group Indonesia – AEROGIN, helps you tackle your most challenging operational, financial, and operational issue in aviation industry. We ready to help broad range of aircraft operators; from ultra low-cost carriers to full service legacy carriers; from cargo carriers to charter operators, and even niche service providers;

Good News…!!

Our Flight Operation Officer initial training are now open for enrollment. Class start soon! Don’t miss it.
Contact us now :
(+62) 812-8888-0142